100 Contemporary Brick Buildings (JUMBO) (Multilingual Edition)

100 Contemporary Brick Buildings (JUMBO) (Multilingual Edition)

B. perancis Sekolah Dasar Bahasa perancisnya dia

Bahasa perancisnya dia

Bahasa perancisnya dia adalah il / elle (subjek), lui (objek tak langsung), le / la (objek langsung), son / sa / ses (kepemilikan).

Pembahasan

Kata ganti atau pronom secara umum ada delapan yaitu aku / saya, kamu, anda, kami / kita, dia (laki-laki), dia (perempuan), mereka (laki-laki), mereka (perempuan). Kata ganti dalam bahasa Prancis sebagai berikut.

Kata ganti subjek

Kata ganti subjek adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan subjek yang ada dalam suatu kalimat. Kata ganti subjek antara lain :

  • Je ⇒ Aku / Saya.
  • Tu ⇒ Kamu.
  • il ⇒ Dia laki-laki.
  • Elle ⇒ Dia perempuan.
  • Nous ⇒ Kita / Kami.
  • Vous ⇒ Anda / Kalian.
  • Ils ⇒ Mereka laki-laki.
  • Elles ⇒ Mereka perempuan.

Kata ganti objek

Kata ganti objek adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan objek yang ada dalam suatu kalimat. Kata ganti objek dibagi menjadi dua yaitu kata ganti objek langsung dan kata ganti objek tak langsung.

Kata ganti objek langsung antara lain :

  • Me ⇒ Aku / Saya.
  • Te ⇒ Kamu.
  • Le / La ⇒ Dia (laki-laki / perempuan).
  • Nous ⇒ Kami.
  • Vous ⇒ Anda / Kalian.
  • Les ⇒ Mereka (laki-laki / perempuan)

Kata ganti objek tak langsung antara lain :

  • Me ⇒ Aku / Saya.
  • Te ⇒ Kamu.
  • Lui ⇒ Dia (laki-laki / perempuan).
  • Nous ⇒ Kami.
  • Vous ⇒ Anda / Kalian.
  • Leur ⇒ Mereka (laki-laki / perempuan).

Kata ganti kepemilikan

Kata ganti kepemilikan adalah kata ganti yang diletakkan sebelum objek berupa benda. Kata ganti kepemilikan ada dua yaitu kata ganti kepemilikan untuk objek tunggal dan kata ganti kepemilikan untuk objek plural.

Kata ganti kepemilikan untuk objek tunggal :

  • Mon dan Ma : Aku / Saya.
  • Ton dan Ta : Kamu.
  • Son dan Sa : Dia (maskulin / feminin).
  • Notre : Kami.
  • Votre : Anda.
  • Leur dan Leur : Mereka (maskulin / feminin).

Kata ganti kepemilikan untuk objek plural :

  • Mes : Aku / Saya.
  • Tes : Kamu.
  • Ses : Dia (maskulin / feminin).
  • Nos : Kami.
  • Vos : Anda.
  • Leurs : Mereka (maskulin / feminin).

Pelajari lebih lanjut

  1. Subyek dan to be I https://brainly.co.id/tugas/1049985
  2. Pronom personnel sujet I https://brainly.co.id/tugas/43153130
  3. Pronom relatifs I https://brainly.co.id/tugas/34637895

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Bahasa Prancis

Materi : Les Pronoms

Kode kategorisasi : 10.17

Kata kunci : Pronom, bahasa Prancis, dia.

Les Pronoms

Dia (subyek)

  • Il (maskulin)
  • Elle (feminin)

Dia (obyek langsung)

  • Le / La / L'

Dia (obyek tak langsung, pronom tonique)

  • Lui
  • Elle

ーーーーーーーーーーーー

Explication

Dalam bahasa Prancis, benda mempunyai gender, maskulin atau feminin. Begitu juga dengan kata ganti untuk dia.

Il mengacu pada subyek yang bergender maskulin.

Elle mengacu pada subyek yang bergender feminin.

Par exemple ...

  • Dia ayah saya ~ Il est mon père.
  • Dia ibu saya ~ Elle est ma mère.

Le = dia; merujuk pada obyek langsung yang bergender maskulin.

La obyek langsung yang bergender feminin.

L' obyek langsung yang digunakan ketika kata kerjanya diawali huruf vokal atau h muet.

Par exemple ...

  • Saya mendorong ia ~ Je le pousse.
  • Saya memukul dia ~ Je la frappe.
  • Saya memanggil dia Robert ~ Je l'appelle Robert.

Lui digunakan ketika 'dia' adalah obyek tak langsung.

Lui (maskulin) dan elle (feminin) digunakan ketika diawali preposisi, sebelum dan setelah kata sambung, subyek yang kata kerjanya tersirat, atau mengulang subyek

Par exemple

  • Saya memberi dia uang ~ Je lui donne de l'argent.
  • Kepada dia, saya memberi uang ~ À elle, je donne de l'argent.
  • Dia, dia orang belgia ~ Lui, il est belge.
  • Dia juga ~ Lui aussi.
  • Dia dan dia menikah ~ Elle et lui sont mariés.

ーーーーーーーーーーーー

Apprenez en davantage :

  • Pronoms personnels sujets - https://brainly.co.id/tugas/34428730
  • Pronoms CODs - https://brainly.co.id/tugas/37652836
  • Pronoms toniques - https://brainly.co.id/tugas/5495463

ーーーーーーーーーーーー

Détails

Matiére : Français

Categorie : Pronoms

Niveau : A1, A2

Code : 17

Mots-clés : il, elle, pronom

[answer.2.content]