100 Contemporary Brick Buildings (JUMBO) (Multilingual Edition)

100 Contemporary Brick Buildings (JUMBO) (Multilingual Edition)

B. Arab berikan contoh cerita tentang amanah ?
tolong cepat dong besok di kumpulin​

berikan contoh cerita tentang amanah ?
tolong cepat dong besok di kumpulin​

Jawaban:

Penebang Kayu dan Kapaknya

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang penebang kayu di sebuah desa kecil. Dia sangat menyukai pekerjaan dan sangat jujur. Setiap hari, Si Penebang Kayu pergi ke hutan terdekat untuk menebang pohon.

Dia membawa kayu hasil menebangkan kembali ke desa, lalu menjualnya kepada para pedagang. Penghasilannya cukup untuk membeli kebutuhan sehari-hari, dan bahagia dengan kehidupannya yang sederhana.

Suatu hari, saat menebang pohon di dekat sungai, kapaknya terlepas dari tangan, dan jatuh ke sungai. Sungai itu begitu dalam sehingga sulit mengambil kapaknya kembali. Dia sangat khawatir dan sedih karena hanya memiliki satu kapak dan sudah terjatuh ke sungai.

Di dalam kesedihannya itu, dia berdoa kepada Dewi. Dia berdoa dengan sungguh-sungguh sehingga Dewi muncul di depannya dan bertanya, “Ada apa, anakku?” Penebang kayu kemudian menceritakan tentang kapaknya yang jatuh ke sungai, dan meminta tolong agar Dewi membantunya mengambilnya kembali.

Sang Dewi memasukkan tangannya jauh ke dalam sungai dan mengambil kapak perak, lalu bertanya, “Apakah ini kapakmu?” Si Penebang Kayu melihat kapak dan berkata “Tidak”.

Dewi memasukkan kembaki tangannya ke sungai, dan menunjukkan kapak emas dan bertanya, “Apakah ini kapakmu?”

Penebang kayu melihat kapak itu dan berkata “Tidak”. Dewi berkata, “Coba lihat lagi, ini adalah kapak emas yang sangat berharga, apakah kamu yakin ini bukan milikmu?” Penebang kayu berkata, “Tidak, itu bukan milikku. Saya tidak bisa menebang pohon dengan kapak emas. Itu tidak berguna bagiku”.

Sang Dewi tersenyum dan akhirnya memasukkan tangannya ke dalam air lagi dan mengeluarkan sebuah kapak besin. Kemudian bertanya, “Apakah ini kapakmu?” Kali ini penebang kayu berkata, “Ya! Ini adalah milikku! Terima kasih!” Dewi sangat terkesan dengan kejujurannya sehingga dia memberinya kapak besi, juga kapak emas dan perak sebagai hadiah atas kejujurannya.

Penjelqsan :

Semoga membantu

[answer.2.content]